Hai Reader!!, di blog kali ini saya akan membahas mengenai Manajemen Kualitas Proyek Perangkat Lunak .Langsung aja kita simak dibawah ini ..
MANAJEMEN KUALITAS PROYEK PERANGKAT LUNAK
Manajemen kualitas
proyek adalah kegiatan untuk menjamin proyek dapat memenuhi kebutuhan yang
sudah disepakati melalui aturan-aturan mengenai kualitas, prosedur ataupun guidelines
yang harus diikuti dengan benar.
Tujuan utama dari
manajemen kualitas proyek adalah memastikan bahwa proyek akan memuaskan
kebutuhan. Kualitas hendaknya dipandang sejajar dengan ruang lingkup, waktu dan
biaya proyek. Jika para Stakeholder tidak puas dengan kualitas manajemen proyek
atau produk yang dihasilkan, tim proyek akan melakukan penyesuaian pada ruang
lingkup, waktu dan biaya untuk memuaskan kebutuhan dan harapan Stakeholder
Terdapat 3 tahapan
dalam melakukan manajemen kualitas proyek, yaitu :
- Perencanaan kualitas(Quality
Planning) : Tahap awal
yang perlu dikerjakan untuk menyiapkan rencana segala scope atau
kegiatan yang akan dilakukan untuk menentukan tingkatan kualitas yang akan
ditargetkan untuk dicapai dalam produk akhir proyek.
- Penjaminan kualitas (Quality
Assurance) : Tahap setelah perencanaan untuk
menyempurnakan segala kemungkinan untuk menjaga atau bahkan meningkatkan
kualitas produk akhir proyek dan kemungkinan lainnya agar tim proyek dapat
memastikan besar peluang produk akhir yang dihasilkan memiliki kualitas
yang memenuhi target tim proyek.
- Pengendalian kualitas(Quality
Control) : Tahap eksekusi rencana dalam me-manage
kualitas proyek yang tentunya juga dipersiapkan segala alternatif
untuk mengantisipasi segala masalah yang dapat mempengaruhi kualitas
produk yang dihasilkan proyek. Pengerjaan proyek dari awal hingga akhir
harus terus dikontrol oleh pihak manajemen kualitas proyek agar kualitas
produk akhir dapat benar-benar terjamin.