Rabu, 25 November 2020

MANAJEMEN KUALITAS PROYEK PERANGKAT LUNAK


Hai Reader!!, di blog kali ini saya akan membahas mengenai Manajemen Kualitas Proyek Perangkat Lunak .Langsung aja kita simak dibawah ini ..

 MANAJEMEN KUALITAS PROYEK PERANGKAT LUNAK

Manajemen kualitas proyek adalah kegiatan untuk menjamin proyek dapat memenuhi kebutuhan yang sudah disepakati melalui aturan-aturan mengenai kualitas, prosedur ataupun guidelines yang harus diikuti dengan benar.

Tujuan utama dari manajemen kualitas proyek adalah memastikan bahwa proyek akan memuaskan kebutuhan. Kualitas hendaknya dipandang sejajar dengan ruang lingkup, waktu dan biaya proyek. Jika para Stakeholder tidak puas dengan kualitas manajemen proyek atau produk yang dihasilkan, tim proyek akan melakukan penyesuaian pada ruang lingkup, waktu dan biaya untuk memuaskan kebutuhan dan harapan Stakeholder

 

Terdapat 3 tahapan dalam melakukan manajemen kualitas proyek, yaitu :

  1. Perencanaan kualitas(Quality Planning) : Tahap awal yang perlu dikerjakan untuk menyiapkan rencana segala scope atau kegiatan yang akan dilakukan untuk menentukan tingkatan kualitas yang akan ditargetkan untuk dicapai dalam produk akhir proyek.
  2. Penjaminan kualitas (Quality Assurance)  : Tahap setelah perencanaan untuk menyempurnakan segala kemungkinan untuk menjaga atau bahkan meningkatkan kualitas produk akhir proyek dan kemungkinan lainnya agar tim proyek dapat memastikan besar peluang produk akhir yang dihasilkan memiliki kualitas yang memenuhi target tim proyek.
  3. Pengendalian kualitas(Quality Control)  : Tahap eksekusi rencana dalam me-manage kualitas proyek yang tentunya juga dipersiapkan segala alternatif untuk mengantisipasi segala masalah yang dapat mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan proyek. Pengerjaan proyek dari awal hingga akhir harus terus dikontrol oleh pihak manajemen kualitas proyek agar kualitas produk akhir dapat benar-benar terjamin.