Rabu, 25 November 2020

MEMBENTUK DAN MENGELOLA TIM PROYEK PERANGKAT LUNAK




 Hai Reader!!, di blog kali ini saya akan membahas mengenai Tim Proyek dan Siapa saja yang bereran  dalam pengembangan Proyek Perangkat Lunak .Langsung aja kita simak dibawah ini ..

TIM PROYEK

Tim proyek berisikan anggota yang terlibat dalam pekerjaan proyek. Tim proyek berkedudukan di dua tempat, yaitu di kantor pusat untuk melakukan pekerjaan yang berfokus pada perencanaan dan di lapangan yang berfokus pada eksekusi rencana proyek.

Dalam Project Management , adapun orang- orang yang terlibat adalah Manajer Proyek dan Anggota Tim Proyek

 

MANAJER PROYEK

Manajer Proyek adalah seseorang yang bertindak sebagai pimpinan dalam suatu proyek. Project manager ini sangat berperan penting dalam adanya suatu proyek, karena kegagalan dan keberhasilan dari proyek tersebut di tentukan oleh project manager itu sendiri.

Peran Manajer Proyek adalah sebagai berikut :

1.Integrator :mengintegrasikan beberapa kegiatan yang berbeda untuk mencapai tujuan tertentu. 

2.Komunikator : menjadi tempat terakhir menujunya laporan-laporan, memo, permintaan dan keluhan. Manajer proyek juga mengambil input dari banyak sumber, mengolah dan menyampaikan informasi ke beberapa pihak dan memastikan bahwa semua orang yang punya peran dalam proyek mengetahui informasi mengenai kebijaksanaan, tujuan, anggaran, jadwal kebutuhan, dan perubahan yang ada dalam proyek sesuai peran yang dimiliki.

3.Decision maker : mengambil keputusan yang menjadi wewenangnya, antara lain mengenai realokasi sumber daya, mengubah lingkup proyek, menyeimbangkan kriteria biaya, jadwal dan performansi 

4. Motivator : Mengarahkan kinerja tim proyek dan memompa motivasi seluruh tim untuk mencapai tujuan proyek.

5. Entrepreneur : Melakukan usaha pengumpulan dana dan fasilitas serta sumber daya yang baik dengan negosiasi di pihak internal & eksternal (proposal) agar proyek bisa berjalan dengan maksimal.

6. Agen peubah : Bisa memicu sebuah konsep baru yang unik dan inovatif dibanding segala proyek yang pernah ada.

 

TANGGUNG  JAWAB  MANAJER PROYEK

Manajer proyek bertanggung jawab untuk merencanakan dan memonitor segala pekerjaan dalam proyek serta dapat peka mengenai kemungkinan masalah yang dapat atau telah terjadi dalam proyek agar segera ditangani dan dapat mengambil keputusan mengenai penghentian atau perubahan rencana dalam proyek apabila terjadi masalah yang di luar kendali dan tujuan tidak tercapai.



ANGGOTA TIM PROYEK



  • Contract Administrator : Tim pekerja proyek yang menyiapkan proposal, negosiasi kontrak, dan sebagainya yang berhubungan dengan perjanjian tertulis yang diperlukan persetujuan semua pihak secara hukum.
  • Project Controller : Membantu dalam mendefinisikan job desc dan hubungan tiap pekerjaan dalam proyek serta menentukan posisi kerja tiap SDM.
  • Project Accountant : Mengurus pekerjaan akuntansi dan finansial dalam proyek, seperti estimasi biaya tiap pekerjaan dalam proyek dan dapat mengidentifikasi masalah finansial selama proyek berlangsung.
  • Project Engineer : Terdiri dari koordinator produksi yang mengkoordinir segala biaya dalam memproduksi scope-scope yang diinginkan untuk menyelesaikan sejumlah task dan manajer lapangan yang tentunya mengontrol segala pekerjaan eksekusi proyek yang berlangsung di lapangan agar dapat meminimalisir kesalahan dan kecelakaan dalam eksekusi proyek yang bisa saja terjadi serta menjadi penghubung antara manajer proyek dengan seluruh kegiatan di lapangan. Dan terakhir quality assurance supervisor adalah pekerjaan yang mengatur prosedur pengecekan setiap elemen dalam proyek untuk menjamin kualitas produksi dan pengerjaan tiap scope dalam proyek yang nantinya juga akan berujung pada hasil akhir proyek yang terjamin kualitasnya dan mencapai Zero Defect (tidak perlu dilakukan perbaikan lagi karna sudah terjamin kualitas produk berkat pengecekan kualitas sebelum produk dibuat).
  • Customer Liaison : Perwakilan dari klien proyek untuk membantu klien dalam memahami teknis dan progres dari proyek yang akan menghasilkan produk klien, sehingga klien dapat memikirkan strategi atau perubahan terbaik yang ia inginkan selama berjalannya pengerjaan proyek agar produk yang dihasilkan bisa terjaga kualitasnya atau bahkan lebih baik lagi. Tentunya pekerjaan ini akan mengurus hubungan antara kontraktor proyek dengan klien agar klien bisa terus terhubung dengan progres proyek terkini.
  • Manajer Fungsional : pekerjaan yang lebih memfokuskan pada kinerja bisnis perusahaan yang menyokong proyek yang dikerjakan agar perusahaan dapat tetap berjalan baik dan terus menyokong pengerjaan proyek

 

PERAN LAIN DILUAR TIM

1.Manajer Program bertugas untuk :

-Mengkoordinasikan para MP.

-Mengarahkan dan mengevaluasi kegiatan dari seluruh MP

-Memastikan bahwa arah dari semua proyek tidak melenceng dari tujuan strategis perusahan

-Bekerjasama dgn para pemimpin fungsional utk melakukan alokasi SDM, dan penyelesaian konflik antar Proyek

-Memastikan bahwa perubahan yang terjadi tetap memperhatikan batas biaya, waktu, dan performansi dari proyek2 yang lain

2.Manajemen Puncak bertugas :  

-Menetapkan secara jelas tanggungjawab dan wewenang manajer reatif terhadap manajer yang lain

-Menentukan lingkup dan batasan tanggungjawab pengambilan keputusan yang dimiliki manajer proyek

-Menetapkan kebijaksanaan dalam penyelesaian konflik dan penetapan prioritas

-Menjabarkan tujuan-tujuan yang akan digunakan untuk mengevaluasi performansi manajer proyek

-Merencanakan dan memberikan dukungan berupa informasi untuk kelancaran dan kesuksesan proyek.